Archive

Tips Belajar Bisnis Travel Untuk Pemula

Webtourandtravel.comSaat ini memulai bisnis travel memang menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Fenomena liburan yang kini menjadi gaya hidup telah menjadi salah satu penyebabnya. Peluang bisnis ini pun cukup besar dan semakin tahun akan semakin berkembang.

Tidak hanya menjadi bisnis utama, kini bisnis travel telah menjadi salah satu bisnis sampingan kebanyakan orang. Hal ini dikarenakan penghasilan yang diperoleh lebih besar. Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara membuka bisnis travel hingga sukses dan mendapatkan pendapatan yang lebih.

Berikut kami berikan beberapa tips belajar bisnis travel bagi pemula.

1. Mencintai Dunia Travelling

Hal pertama yang harus anda lakukan jika ingin memulai belajar bisnis travel adalah mencintai dunia travelling. Perbanyaklah wawasan tentang tempat wisata dan segala hal yang bersangkutan dengan dunia tersebut. Hal ini berguna jika anda menemukan pelanggan yang memiliki kecintaan di dunia travelling maka akan merasa cocok dengan anda. jika anda dapat menjelaskan dengan baik dan rinci soal hal-hal yang konsumen tanyakan, tentunya mereka akan merasa nyaman dan semakin percaya pada anda.

2. Memilih Jenis Usaha Travel

Ada banyak jenis usaha travel yang kini ada, contohnya travel untuk liburan dan travel untuk haji dan umroh. Namun sebagian besar bisnis travel yang ada merupakan travel yang khusus untuk liburan. Baik itu liburan ke tempat wisata dalam negeri maupun keluar negeri. Bagi anda yang masih pemula dan masih belajar bisnis travel, anda dapat memilih jenis travel yang cocok dan cukup ringan untuk anda jalankan.

3. Memperluas Jaringan dan Relasi

Jika anda ingin sukses di bisnis ini, tentunya anda harus memiliki jaringan dan relasi yang kuat. Anda dapat bekerja sama dengan perusahaan lain untuk mencari relasi atau jaringan. Anda juga dapat memperluas jaringan dengan datang ke berbagai acara seminar dan forum diskusi yang membahas tema-tema terkait bisnis travel. Dengan bergabung pada komunitas pebisnis travel tentu sangat menguntungkan bagi anda para pemula yang masih belajar bisnis travel. Karena di sana anda akan mendapatkan informasi dan pengalaman terkait bisnis travel.

Biaya Promosi Google

Google Adwords adalah cara terbaik mendatangkan lebih banyak pengunjung ke situs website anda. Promosikan Bisnis Anda sekarang juga!

4. Memilih Lokasi Binis Yang Strategis

Ada dua jenis bisnis travel yang kini ada. Yaitu bisnis yang dilakukan secara online dan bisnis yang dilakukan secara offline. Bagi anda yang ingin menjalankan bisnis secara offline maka anda harus mendirikan sebuah kantor. Usahakan mencari tempat-tempat yang strategis untuk mendirikan kantor. Pastikan akses menuju ke sana mudah, sehingga para konsumen tidak kerepotan mencari kantor anda.

5. Bekerja Keras

Bagi anda pemula yang masih belajar bisnis travel tentu sudah menjadi kewajiban memiliki sikap yang tangguh dan pekerja keras. Karena kesuksesan dari bisnis anda tergantung pada kerja keras anda sendiri. Anda harus rajin melakukan promosi, sering meng-update topik-topik baru seputar dunia travelling.

6. Memberikan Pelayanan Yang Maksimal

Untuk menarik minat konsumen tentunya anda harus memiliki pelayanan yang maksimal. Pelayanan ini dapat  berupa pelayanan yang cepat, terbuka dan jelas. Usahakan untuk selalu mendengar keluh dan kesah para konsumen, dan jika mereka meminta pendapat tentang destinasi anda harus dapat menjelaskan dengan baik dan sabar. Dengan begitu konsumen akan merasa di dengarkan dan kemungkinan besar mereka datang kembali ke tempat anda. Tidak jarang mereka akan mempromosikan tempat anda kepada teman-temannya, hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi anda.

Itulah beberapa tips belajar bisnis travel yang dapat anda coba.

Peluang Bisnis Tour and Travel Bagi Pemula

WebtourAndtravel.com – Menjalankan bisnis penyedia jasa biro perjalanan atau tour and travel saat ini memang sangat menjanjikan. Karena dalam menjalankan Bisnis Tour and Travel terbilang cukup mudah dan modal yang dibutuhkan juga tidak besar.

Namun sayangnya tidak banyak orang yang dapat menangkap peluang bisnis ini. Padahal pengguna jasa biro perjalanan semakin tahun semakin bertambah, baik yang datang dari domestik atau mancanegara. Banyak orang yang belum memahami cara membangun Bisnis Tour and Travel ini, terlebih bagi para pemula yang tidak banyak tahu tentang dunia perjalanan.

Mungkin dari anda banyak yang bertanya kenapa menjalankan Bisnis Tour and Travel sangat penting?. Hal ini dikarenakan dalam menjalankan bisnis yang tergolong mudah ini memiliki market yang besar.

Tidak hanya itu permintaan akan bisnis ini pun semakin tinggi tiap tahunnya. Ditambah dengan potensi yang Indonesia miliki dengan banyak tempat wisata yang ada. Tentunya menjadi kelebihan tersendiri bagi para wisatawan domestik dan mancanegara.

Keuntungan lainnya dalam menjalankan Bisnis Tour and Travel adalah dapat dijalankan sepanjang masa. Mungkin banyak persyaratan yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini. Namun itu semua tidak seberapa dibandingkan keuntungan yang akan anda terima. Bahkan bisnis ini dapat di wariskan pada anak cucuk anda dikemudian hari.

Bisnis ini tidak tergolong sebagai bisnis musiman. Karena di tempat-tempat seperti bandara, stasiun atau bahkan terminal selalu ramai penumpang. Ditambah fenomena perjalanan atau liburan yang kini berubah menjadi gaya hidup. Tentunya membuat bisnis ini semakin ramai dan banyak peminatnya.

1. Membangun Bisnis Tour and Travel Tanpa Modal

Tidak banyak orang yang tahu bahwa, dalam menjalankan bisnis ini tidak memerlukan modal, Dan dapat dilakukan dengan syarat yang mudah namun keuntungan yang didapatkan besar. Dalam menjalankan bisnis ini anda dapat melakukannya di manapun dan kapanpun. Namun syarat utamanya adalah anda harus memiliki link atau koneksi yang luas. Karena link atau koneksi akan mempengaruhi perkembangan bisnis satu ini.

2. Contoh Bisnis Tour and Travel Tanpa Modal

Ada banyak jenis bisnis biro perjalanan yang tidak membutuhkan modal besar. Misalnya dengan menjadi agen penjualan tiket. Jika anda tertarik, anda harus bergabung dengan beberapa moda transportasi misalnya bus, kereta, kapal dan pesawat. Kemudian anda harus mendaftar sebagai agen penjualan tiket. Memang cara ini cukup mudah, namun keuntungan yang akan anda dapatkan sangat banyak.

3. Bisnis Tour and Travel dengan Paket Wisata

Hal yang biasanya dilakukan oleh perusahaan penyedia layanan biro perjalanan adalah menyediakan paket wisata. Anda dapat menyediakan paket ini juga untuk ditawarkan dengan konsumen. Caranya dengan menyusun rancangan paket, transportasi atau akomodasi, lokasi dan penginapan, serta fasilitas lainnya yang nantinya akan di tawarkan kepada konsumen.

 

4. Membuka Usaha Penjualan Tiket

Salah satu kesempatan dalam menjalankan binis tour anda travel adalah dengan menyediakan tiket, misalnya tiket pesawat. Kini tiket pesawat tidak lagi digunakan untuk perjalanan keluar negeri, namun perjalanan di dalam negeri pun banyak yang menggunakan pesawat.

Terlebih lagi saat ini telah tersedia layanan tiket pesawat yang berbasis online dan mudah digunakan. Di dalamnya anda dapat dengan mudah menemukan informasi penjualan tiket, sistem pemesanan tiket dan lain sebagainya. dalam memesan tiket secara online dapat dilakukan secara real time.

Sehingga akan mempermudah anda karena anda tidak perlu menunggu proses yang lama. Maka dari itu memulai bisnis tour and travel tentunya tidak akan merugikan anda.

Semoga bermanfaat, jika artikel kami bermanfaat, silakan di share / dibagikan lewat tombol dibawah ini. Dilarang mengcopy artikel, semua artikel kami dalam pengawasan copyscape.

Memulai Peluang Usaha Travel

Jika anda memiliki kegemaran berjalan-jalan atau mengunjungi tempat-tempat baru yang belum pernah anda datangi sebelumnya. Anda dapat menjadikan kegemaran anda ini sebagai suatu usaha yang cukup menjanjikan. Caranya adalah dengan membuka usaha travel yang kini semakin banyak dilakukan oleh banyak orang. Usaha ini sangat cocok dan tepat dilakukan karena sesuai dengan kegemaran anda. Tidak banyak orang yang tahu bahwa peluang usaha travel sangat menjanjikan dan keuntungan yang dapat anda dapatkan sangat banyak. Bagi anda yang tertarik dengan usaha travel, berikut kami berikan beberapa informasi mengenai peluang usaha travel.

Mungkin dari anda bertanya-tanya mengapa harus usaha travel? Jawabannya adalah karena bisnis ini mudah dijalankan dan sangat menjanjikan. Bahkan bisnis ini dapat di jalan oleh semua orang meskipun mereka memiliki pekerjaan tetap. Karena dalam menjalankan bisnis ini dapat dijalankan untuk pekerjaan sampingan. Maka dari itu banyak orang yang melirik peluang usaha travel ini.

Dalam memulai peluang usaha travel anda harus mempertimbangkan jenis travel apa yang akan anda kerjakan. Karena ada banyak jenis travel yang ada, misalnya travel untuk liburan dan jenis travel untuk ibadah haji dan umroh untuk umat muslim, dan travel tirtayatra untuk umat hindu. Pastikan jenis travel yang anda pilih sesuai dengan minat dan mudah untuk anda lakukan.

3. Mencari Partner Usaha

Selanjutnya anda harus mencari partner usaha, hal ini bertujuan agar anda memiliki tim bekerja sehingga usaha anda dapat berkembang pesat. Pastikan partner usaha yang anda pilih sesuai dengan anda.

Agar tidak terjadi masalah ke depannya. Anda harus memilih partner yang dapat dipercaya, memiliki visi dan misi yang sama dengan anda dan berkualitas. Dengan memiliki partner yang berkualitas maka konsumen akan semakin percaya pada usaha anda.

4. Mencari Sasaran Yang Tepat

Setiap usaha travel tentu memiliki sasarannya masing-masing. Ada jenis travel yang menyediakan jasa travel yang murah namun ada juga travel yang menyediakan jasa travel kelas bintang lima. Maka dari itu anda harus memilih jenis travel yang akan anda tawarkan pada pelanggan anda. untuk anda yang masih menjadi pemula dalam memulai peluang usaha travel alangkah lebih baiknya anda memilih jenis travel yang murah untuk dilakukan terlebih dahulu. Ketika usaha anda sudah berkembang dengan pesat, anda dapat membuka paket perjalanan yang membidik sasaran kelas yang lebih mahal.

Promosi menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan dalam menjalani sebuah usaha. Perkembangan dari sebuah usaha juga ditentukan oleh promosi. Dengan memaksimalkan promosi yang ada dan sesuai maka usaha anda akan dikenal banyak orang.

Ada berbagai cara  dalam melakukan promosi, misalnya dengan menggunakan cara konvensional. Yaitu membagikan brosur, membuat iklan lewat media cetak dan lain sebagainya. Ada juga promosi yang lebih modern yaitu mengandalkan dunia maya.

Anda dapat melakukan promosi lewat website, media sosial dan lain sebagainya. Promosi dengan menggunakan internet lebih efisien karena bisa membidik banyak orang dengan harga yang murah.

Selanjutnya bagi anda yang sudah memulai peluang usaha travel anda harus memberikan pelayanan yang terbaik untuk para konsumen anda. Selalu berlaku ramah dan terbuka agar mereka merasa nyaman dengan jasa anda. Jangan lupa untuk mendengarkan keluh dan kesah para konsumen, dengan kritikan mereka maka usaha anda akan berkembang. Selain itu para konsumen akan merasa senang karena mereka didengarkan.

Langkah Mudah Memulai Usaha Travel Wisata

Webtourandtravel.com – Perkembangan objek wisata di berbagai tempat berbanding lurus dengan tingginya kebutuhan masyarakat terhadap minat travelling. Saat ini, travelling bukan sekadar kegiatan berlibur  untuk menghilangkan penat, namun telah menjadi gaya hidup masyarakat urban.

Apalagi, ketika mengakses media sosial kita selalu diiming-imingi foto liburan yang begitu ciamik dan bikin penasaran. Bertambah tinggilah keinginan kita untuk pergi travelling ke tempat-tempat baru.

Gaya hidup seperti ini sebenarnya bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Daripada sekadar berlibur menghabiskan uang, lebih baik memulai usaha travel wisata.

Langkah Mudah memulai usaha Travel
sumber foto: google

Dengan menjalankan bisnis ini, kita ibarat menyelam sambil minum air. Sembari wisata ke tempat impian, kita juga bisa mendapatkan uang. Yang kita perlukan untuk memulai usaha travel wisata tidaklah sulit. Bahkan, kita bisa menjalankannya tanpa modal uang.

Kita hanya membutuhkan niat, kerja keras, networking yang luas, serta akses internet yang lancar. Tertarik memulainya? Simak tips berikut ini.

1. Perbanyak Belajar Bisnis Travel

Langkah pertama yang harus kita lakukan sebelum memulai usaha travel wisata adalah memperbanyak belajar bisnis travel. Mulai dari mempelajari istilah-istilah berkaitan dengan bisnis travel, mekanisme usaha, serta memperkaya pengetahuan tentang tempat-tempat wisata. Kita dapat bertanya langsung pada pelaku usaha travel atau memanfaatkan internet sebagai sumber informasi.

2. Daftar Menjadi Mitra Bisnis Travel

Sebelum membangun usaha travel kita sendiri, sebaiknya kita bergabung menjadi mitra bisnis travel yang telah mapan. Sebagai mitra bisnis, kita berperan layaknya reseller yang menawarkan produk travel milik usaha orang lain. Misalnya, menjual tiket kereta, pesawat, atau menawarkan paket liburan. Jika kita berhasil menemukan pelanggan, kita akan mendapat komisi tertentu sesuai kesepakatan. Keuntungan sebagai mitra bisnis adalah, kita tidak memerlukan modal besar untuk memulainya. Kita hanya bertugas mencari pelanggan sebanyak-banyaknya.

3. Perluas Pasar dengan Personal Branding

Untuk menarik pelanggan sebanyak-banyaknya, kita bisa menerapkan teknik personal branding sebagai berikut:

  1. Menawarkan diri sebagai guide atau pemandu wisata bagi pelanggan
  2. Bergabung dengan komunitas traveler, backpacker, atau pecinta alam. Jalin relasi yang baik dan lakukan promosi senatural mungkin.
  3. Kelola media sosial sebagai media promosi dan personal branding. Misalnya, aktif mengunggah foto travelling di Instagram dan rajin menulis tips berlibur di blog. Jangan lupa juga untuk mempromosikan produk travel kita di media sosial. Dengan cara seperti ini kita akan terkesan sebagai pribadi yang sangat paham dengan dunia Sehingga, pelanggan pun akan mempercayakan kebutuhan tavelling-nya kepada kita.

4. Buka Bisnis Travel Online

Tips keempat, saatnya memulai usaha travel wisata milik kita sendiri. Jika kita sudah memiliki banyak pelanggan, kita bisa berhenti sebagai mitra bisnis dan fokus membangun usaha travel kita sendiri. Fokuslah pada salah satu jenis usaha travel. Kita bisa memilih salah satu di antara bisnis ticketing, rental kendaraan, biro haji, ataupun travel reguler. Untuk meminimalisir modal yang dibutuhkan, kita bisa memulai usaha travel wisata dengan memanfaatkan sistem online. Jadi, seluruh layanan dan transaksi dilakukan secara online. Tentunya, modal utama yang kita butuhkan adalah komputer, telepon, dan internet.

5. Kerjasama dengan Berbagai Stakeholder

Untuk mengembangkan bisnis travel online yang telah kita bangun, lakukan kerjasama dengan berbagai pihak terkait. Misalnya: pemilik usaha transportasi, penginapan, tempat wisata, dan kuliner. Salah satu bentuk kerjasama yang dapat kita ajukan yaitu meminta potongan harga bagi pengunjung yang berasal dari travel kita. Selain itu, jangan berhenti mempromosikan usaha travel kita secara online maupun offline.