Langkah Mudah Memulai Usaha Travel Wisata

Langkah Mudah Memulai Usaha Travel Wisata

Webtourandtravel.com – Perkembangan objek wisata di berbagai tempat berbanding lurus dengan tingginya kebutuhan masyarakat terhadap minat travelling. Saat ini, travelling bukan sekadar kegiatan berlibur  untuk menghilangkan penat, namun telah menjadi gaya hidup masyarakat urban.

Apalagi, ketika mengakses media sosial kita selalu diiming-imingi foto liburan yang begitu ciamik dan bikin penasaran. Bertambah tinggilah keinginan kita untuk pergi travelling ke tempat-tempat baru.

Gaya hidup seperti ini sebenarnya bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Daripada sekadar berlibur menghabiskan uang, lebih baik memulai usaha travel wisata.

Langkah Mudah memulai usaha Travel
sumber foto: google

Dengan menjalankan bisnis ini, kita ibarat menyelam sambil minum air. Sembari wisata ke tempat impian, kita juga bisa mendapatkan uang. Yang kita perlukan untuk memulai usaha travel wisata tidaklah sulit. Bahkan, kita bisa menjalankannya tanpa modal uang.

Kita hanya membutuhkan niat, kerja keras, networking yang luas, serta akses internet yang lancar. Tertarik memulainya? Simak tips berikut ini.

1. Perbanyak Belajar Bisnis Travel

Langkah pertama yang harus kita lakukan sebelum memulai usaha travel wisata adalah memperbanyak belajar bisnis travel. Mulai dari mempelajari istilah-istilah berkaitan dengan bisnis travel, mekanisme usaha, serta memperkaya pengetahuan tentang tempat-tempat wisata. Kita dapat bertanya langsung pada pelaku usaha travel atau memanfaatkan internet sebagai sumber informasi.

2. Daftar Menjadi Mitra Bisnis Travel

Sebelum membangun usaha travel kita sendiri, sebaiknya kita bergabung menjadi mitra bisnis travel yang telah mapan. Sebagai mitra bisnis, kita berperan layaknya reseller yang menawarkan produk travel milik usaha orang lain. Misalnya, menjual tiket kereta, pesawat, atau menawarkan paket liburan. Jika kita berhasil menemukan pelanggan, kita akan mendapat komisi tertentu sesuai kesepakatan. Keuntungan sebagai mitra bisnis adalah, kita tidak memerlukan modal besar untuk memulainya. Kita hanya bertugas mencari pelanggan sebanyak-banyaknya.

3. Perluas Pasar dengan Personal Branding

Untuk menarik pelanggan sebanyak-banyaknya, kita bisa menerapkan teknik personal branding sebagai berikut:

  1. Menawarkan diri sebagai guide atau pemandu wisata bagi pelanggan
  2. Bergabung dengan komunitas traveler, backpacker, atau pecinta alam. Jalin relasi yang baik dan lakukan promosi senatural mungkin.
  3. Kelola media sosial sebagai media promosi dan personal branding. Misalnya, aktif mengunggah foto travelling di Instagram dan rajin menulis tips berlibur di blog. Jangan lupa juga untuk mempromosikan produk travel kita di media sosial. Dengan cara seperti ini kita akan terkesan sebagai pribadi yang sangat paham dengan dunia Sehingga, pelanggan pun akan mempercayakan kebutuhan tavelling-nya kepada kita.

4. Buka Bisnis Travel Online

Tips keempat, saatnya memulai usaha travel wisata milik kita sendiri. Jika kita sudah memiliki banyak pelanggan, kita bisa berhenti sebagai mitra bisnis dan fokus membangun usaha travel kita sendiri. Fokuslah pada salah satu jenis usaha travel. Kita bisa memilih salah satu di antara bisnis ticketing, rental kendaraan, biro haji, ataupun travel reguler. Untuk meminimalisir modal yang dibutuhkan, kita bisa memulai usaha travel wisata dengan memanfaatkan sistem online. Jadi, seluruh layanan dan transaksi dilakukan secara online. Tentunya, modal utama yang kita butuhkan adalah komputer, telepon, dan internet.

5. Kerjasama dengan Berbagai Stakeholder

Untuk mengembangkan bisnis travel online yang telah kita bangun, lakukan kerjasama dengan berbagai pihak terkait. Misalnya: pemilik usaha transportasi, penginapan, tempat wisata, dan kuliner. Salah satu bentuk kerjasama yang dapat kita ajukan yaitu meminta potongan harga bagi pengunjung yang berasal dari travel kita. Selain itu, jangan berhenti mempromosikan usaha travel kita secara online maupun offline.

 

 

Tag: , , , , , , , , , , , , , , , , ,